Timeline


renunganIstilah ini tidak asing ditelinga kita terutama Anda yang gemar edit-edit video. Secara gampang bisa diartikan sebagai rentang kronologi peristiwa yang terjadi dan berhubungan dengan waktu. Saat belajar matematika kita juga mengenal garis bilangan, yakni sebuah garis yang memuat bilangan-bilangan.  Namun yang hendak saya katakan adalah perjalanan hidup itu…seperti merentang perjalanan hidup seseorang sejak lahir hingga saatnya mendapat SK untuk mutasi ke alam lain.

tlBayangkan sebuah garis yang mengarah ke sebelah kanan. Pada ujung paling kanan terdapat mata panah. Demikian pula pada jarak tertentu terdapat penanda. Penanda ini diberi angka 0 (nol), 1, 2, dst. Atau angka 10, 20, dst tergantung kebutuhan. Panah menuju ke kanan menandakan perjalanan kehidupan yang kita belum tahu akhirnya. Tanda-tanda yang berangka menunjukkan tahap-tahap perjalanan hidup, katakanlah usia.

Di antara tanda-tanda berangka terdapat ruas kosong yang sebenarnya tidak kosong, namun berisi jejak-jejak sejarah yang memuat peristiwa-peristiwa penting yang manis maupun yang pahit. Peristiwa penting yang manis cenderung mudah untuk diingat seperti masuk dan lulus sekolah, menjalin hubungan, wisuda, dan menikah. Demikian pula peristiwa yang pahit, sekalipun tidak diharapkan kehadirannya namun sepertinya harus dirasakan setiap insan. Hidup tanpa mengalami duka sepertinya tidak wajar. Derita merupakan bumbu dan penanda seseorang pernah berjuang karena hidup itu sendiri merupakan perjuangan dan diawali dengan perjuangan.

Setiap detik kita merangkak menuju angka yang lebih besar yang menunjukkan usia. Namun dengan tidak disadari sebenarnya jatah umur makin berkurang pula. Di sisa umur itulah kehidupan sebaiknya semakin berkualitas diisi dengan kabajikan. Kita tidak tahu berapa sisa umur, jadi…just do the goodness…immediately!

Kebaikan tidak perlu dikalkulasi apalagi diinventarisir, biarlah menjadi catatan Allah, tapi upaya untuk menambahnya harus dilakukan. Sedangkan yang perlu dihitung dan diinventarisir adalah kekurangan dan kesalahan. Hal ini penting agar semakin dapat mengurangi bahkan menghilangkannya.

Menjadi semakin berarti bagi kebahagiaan dan kesuksesan orang lain semoga semakin terwujud. Semata mengharap ridha dariNya. Karena ridhaNya adalah payung dari segalanya sehingga peristiwa-peristiwa yang tercantum di antara angka-angka usiaku penuh berkah dan manfaat.

***

About rofiquez

Berkelana untuk mendapatkan hikmah
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s