Pembelajaran Online Menggunakan EDMODO


edmoEdmodo adalah jejaring media sosial microblogging yang dapat digunakan sebagai salah satu pilihan pembelajaran berbasis online. Disamping dapat melibatkan guru dan siswa, medsos yang didirikan oleh Nicolas Borg dan Jeff O’Hara ini dapat juga melibatkan orangtua siswa untuk saling berkomunikasi. Sekarang Edmodo sudah berkembang pesat dan memiliki sekitar 7 juta akun.

Edmodo memfasilitasi e-learning sehingga pembelajaran dapat dilakukan di berbagai tempat. Edmodo juga membantu guru yang tidak bisa mengajar di kelas dengan memberikan materi pembelajaran secara online dengan meng-upload materi belajar. Guru bisa memberikan tugas yang bisa ditentukan waktu pengumpulannya berikut menilainya.

Tidak hanya dapat dioperasikan melalui komputer/laptop yang terhubung internet, Edmodo juga dapat dioperasikan di piranti hp pintar Anda (smartphone) apalagi yang berbasis Android. Anda tingal memilih menggunakan tipe mobile ataupun web, demikian juga bila tidak mau menginstal piranti lunaknya Anda dapat membuka langsung di www.edmodo.com. Kelebihan bila menggunakan hp pintar tentu Anda lebih mobile dan dapat mengontrol lalu lintas di Edmodo kapan dan dimana saja.

Siswa juga bisa berbagi pemikiran atau ide lewat posting-nya di Edmodo semudah update status pada Facebook. Lebih tepatnya lagi, Edmodo disebut juga “Facebook Guru dan Siswa” karena fitur yang ditawarkan hampir sama dengan facebook.

Beberapa hal yang dapat dilakukan melalui Edmodo misalnya :

  • Berkomunikasi, tidak hanya dengan siswa dan orangtua melainkan dengan sesama guru di berbagai belahan dunia.
  • Berdiskusi
  • Sharing bahan ajar
  • Memberikan tugas
  • Mengumpulkan tugas
  • Melakukan penilaian
  • Dll

Mendaftar Edmodo

Edmodo memungkinkan Guru, siswa dan orang tua saling berinteraksi. Terutama bagi orangtua/wali dapat mengontrol putra/putrinya misalnya dalam hal memenuhi tugas-tugas dari Guru. Tidak hanya guru, siswa dan orangtua yang dapat terhubung melalui Edmodo, akan tetapi sekolah kita juga dapat terhubung dengan Edmodo. Oleh karena itu dalam Edmodo terdapat 3 fitur pilihan user yaitu akun Guru (Teachers), akun siswa (Students), akun orang tua (Parents).

Sebagai guru tentu Anda mendaftar di Teachers, demikian pula dengan siswa dan ortu siswa. Untuk mendaftar atau membuka akun guru bukalah situs www.edmodo.com, lalu pilih tombol “Teachers”. Lihat gambar berikut (Klik untuk memperbesar).

ed1

 Selanjutnya isilah formulir yang tersedia dengan data valid diri Anda. Setelah selesai mendaftar Anda harus membuka email yang diisikan kemudian klik link konfirmasi.

Setelah terbuka aturlah akun Anda dengan mengklik tombol Me. Disini Anda dapat mengatur profile, pengaturan, mengundang murid, dsb.

ed2

Adapun tampilan halaman Edmodo adalah :

ed3

Di halaman tersebut Anda dapat (1) membuat grup, (2) menuliskan ide/bahan diskusi, (3) memberi peringatan, (4) memberikan penugasan, (5) membuat kuis/soal uji kompetensi (PG, B-S, essay berstruktur, essay, menjodohkan) dan (6)  jajak pendapat. Andapun dapat menggunakan menu-menu lain yang diperlukan dengan mengklik pilihan yang tersedia. Silakan eksplorasi dengan menu-menu yang tersedia. 

Selamat mencoba.

***

Sambil ngopi sore

 

About rofiquez

Berkelana untuk mendapatkan hikmah
This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s