Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar PAI SMK Berbasis ICT


ictLahirnya Kurikulum 2013 membuat pengembangan bahan ajar berbasis ICT semakin bergairah. Sebagaimana diamanatkan dalam Permendikbud no. 81A bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) harus berbasis ICT, hal ini berdampak pula pada bahan ajar. Demikian pula pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Sejak tahun 2009 Kemenag RI melalui Subdit PAI sudah menyelenggarakan pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis ICT untuk guru PAI SD, SMP, SMA dan SMK. Bahkan untuk semakin menggairahkan pemanfaatan ICT dalam pembelajaran, Kemenag RI pun menyelenggarakan lomba model pembelajaran PAI berbasis ICT (2009-2011).

Pelatihan serupa kembali diselenggarakan di Bandung dalam dua gelombang, tanggal 8-10 Mei 2014 dan 12-14 Mei 2014 untuk 150 guru PAI SMK dari seluruh Indonesia. Titik berat pelatihan adalah bagaimana mengembangkan bahan ajar PAI SMK Kurikulum 2013. Sebagaimana diketahui pelatihan sebelumnya berbasis pada KTSP 2006. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini mereka dapat menjadi pionir di daerah masing-masing serta menularkannya kepada teman sejawat. Tujuan akhirnya adalah mereka mampu membuat  bahan ajar berbasis PAI berbasis ICT dengan memperhatikan langkah-langkah saintifik sebagaimana dikehendaki Kurikulum 2013. Untuk mengetahui hasil akhir, peserta diberi waktu selama 30 hari setelah pelatihan untuk mengirimkan hasil oprekannya ke Panitia.

**

Materi yang akan diberikan meliputi tiga hal yakni PowerPoint, Flash dan Edmodo. PowerPoint merupakan media presentasi yang lazim digunakan serta dapat menjadi dasar logika Flash. Adapun Flash digunakan agar media lebih inetraktif. Sedangkan Edmodo merupakan media sosial pendidikan yang memungkinkan interaksi antara guru-siswa maupun dengan orangtua siswa. Melalui Edmodo guru dapat mengajar dalam kelas virtual, memberikan bahan pelajaran, memberikan tugas serta menilainya. Tidak hanya berhubungan dengan guru atau teman satu sekolah, siswapun dapat berinteraksi dengan kelas global, demikian pula dengan guru. Karena bersifat online, Edmodo dapat diakses dimanapun baik menggunakan laptop/komputer maupun smartphone.

Instruktur pelatihan merupakan guru-guru inti yang mendalami bidang masing-masing, yaitu Abd. Aziz Rofiq dan Endi Suhendi (PowerPoint), Firman Fauzan, Suwadi dan Agung Nugroho (Flash). Untuk Edmodo akan disajikan oleh Abd. Aziz Rofiq dan Firman Fauzan.

Bahan-bahan pelatihan dapat diunduh pada link di bawah ini:

1. Modul

2. Latihan

3. Arabic

4. Al Quran voice

5. Buku Guru/Siswa SMA SMK X-XI

File no 1,2,3,4 dapat diunduh langsung (ziddu.com) sedangkan file no. 4 diunggah melalui Google Drive. Mohon bersabar jika mengunduh file-file tersebut karena kapasitas cukup besar, apalagi yang terakhir karena memerlukan izin share dari Penulis. Bukan karena memperlambat pemberian izin tapi siapa tahu banyak yang minta. Begitu broer n sist.

Selamat datang peserta pelatihan dan bersiaplah menjadi guru super!

***

 

 

About rofiquez

Berkelana untuk mendapatkan hikmah
This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

19 Responses to Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar PAI SMK Berbasis ICT

  1. syukur says:

    mf knp sekolah aku t dapat undangan yah ..!

    • rofiquez says:

      Bapak dari sekolah di provinsi mana? Undangan dari Kemenag pusat ditujukan ke Kanwil Kemenag provinsi. Selanjutnya Kanwil yang menentukan peserta dari daerah masing@. Trimakasih sudah berkunjung.

  2. Ramliati says:

    Tolong ditambah pesertanya per kabupaten Pak.jangan cuma seorang saja.Karena tiba di daerah hanya nama bahwa sudah diklat.hasil nol Karena tidak Bisa berbagi dengan yang lain.makasih! Guru PaI SMK kab. Bulukumba.sulsel
    Tolong saya juga di utus.

    • rofiquez says:

      Panitia pusat hanya memberi kuota per provinsi, pembagian jatah perkabupaten/kota tergantung pada kanwil. Sifat pelatihan tingkat nasional sifatnya TOT dan stimulan. adapun deseminasi ke guru2 juga tergantung pada kemampuan pendanaan di daerah. demikian pula kemampuan peserta juga berbeda tergantung pada dasar kemampuan, kemauan dan bagaimana mengasah diri di daerah asal. Btw trimakasih atas saran ibu

      • Ainur says:

        iya pak, sama2. tapi … apakah menyalahi aturan pak semisal panitia pusat langsung memanggil nama saya misalnya untuk diberi pelatihan ato training di pusat juga jika suatu saat ada lagi pelatihan dan kab. saya punya jatah juga. makasih pak..!! maaf pak kalau ada yang salah dalam kata-kata saya.

      • rofiquez says:

        salah sih tidak, cuma secara struktural yang tahu ibu kan kemenag daerah ibu kemudian mengusulkan nama ibu untuk dipanggil. Ada hal lain yang membuat ibu lebih mudah dipanggil kalau ibu “dikenal” oleh kemenag misalnya melalui prestasi atau organisasi profesi (kkg/mgmp pai). maaf ibu dari mana?

      • Ainur says:

        sy dari Kabupaten Bulukumba sulawesi selatan pak, sy sekretaris MGMP SMK.saya kenal baik dengan Kasi PAIS, hanya bagaimana caranya untuk menyampaikan kepadanya. karena pernah saya tanya tentang diklat itu, jawabnya nama terpanggil langsung dari pusat. makanya saya pertanyakan itu. apa boleh juga jikalau nama saya kirim kesana lalu saya dapat panggilan juga.makasih pak…

      • rofiquez says:

        bu nurul, undangan diklat dikirim dari pusat sedangkan peserta diajukan oleh kanwil berdasarkan kuota dan pengajuan dari kab/kota

      • Ainur says:

        gitu yaa pak, makasih pak sdh mengerti.

      • rofiquez says:

        salah si tidak, tapi secara struktural yang tahu ibu kan kemenag setempat. Ada cara lain supaya ibu “diketahui” oleh kemenag setempat misalnya melalui prestasi atau organisasi profesi kkg/mgmp pai ato agpaii

  3. zeny najib says:

    maaf pak saya peserta angkatan I kalau mau ngirim tugas dengan edmodo gemana caranya, sbb di modul tdk ada….. makasih

  4. zeny najib says:

    Maaf pak saya peserta diklat Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar PAI SMK Berbasis ICT angkatan pertama, saya ingin mengirimkan penyelesaian tugas saya ke edmodo yang sudah dibuat tetapi saya lupa caranya oleh karena itu bagaimana cara mengirim penyelesaian tugas tersebut pak terima kasih….

  5. mujmal says:

    Pak temen duduk kemaren di Bandung itu, yang dari lombok, kepingin downlod buku PAIS kelas XI ,tapi udah didownlod ,macam2 permintaan failnya,kok sistem canggih sekali dipasang pak Aziz

  6. vera says:

    bagaimana cara mengirim tugas dari power point ke edmodo?

    • rofiquez says:

      trimakasih bu vera. untuk mengirimkan tugas di edmodo klik kotak “turn in” tugas, klik menu file yg ada dibawah kotak komen, pilih file yang akan diunggah. kalau mau mengirim diluar tugas tinggal klik menu file yg ada dibawah kotak komen, pilih file yang akan diunggah tanpa masuk ke “turn in”. Jangan lupa untuk menulis komen terutama keterangan tentang tugas yang dikirim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s