Pemanfaatan Facebook sebagai Media Pembelajaran PAI


fbPerkembangan teknologi saat ini tidak dapat dielakkan dari berbagai sisi kehidupan manusia. Kalangan generasi muda merupakan kelompok umur yang sangat mudah menyerap perkembangan teknologi ini. Lihatlah, tangan mereka hampir tidak dapat dilepaskan dari gadget, mulai dari handphone (HP) sampai tab. Demikian juga dengan media yang dapat diakses. Dengan canggihnya teknologi yang ada di tangan mereka seakan dunia ada di genggaman tangan. Dengan ujung jarinya mereka dapat mengakses youtube dan berbagai produk internet lainnya.

Demikian pula dengan media sosial, salah satunya facebook (FB). Medsos ini cukup populer di kalangan pelajar penulis. Melihat aktifitas FB siswa yang sudah berteman, kelihatan mereka cukup intens/eksis di dunianya, bahkan pada saat belajar. Hal inilah yang sering dipandang sebagai gangguan, sehingga timbullah larangan mengoperasikan HP pada saat belajar. Penulis hanya mencoba melihat dari sisi yang lain. Teknologi termasuk HP ibarat pisau, penggunaannya tergantung pada pemegangnya. HPpun dapat bermanfaat bila digunakan secara bijak termasuk untuk belajar.

***

Berangkat dari persepsi ini penulis mencoba mengajak menggunakan HP secara ‘bijak’ yaitu menggunakannya sebagai media belajar, dengan membuat grup FB  PAI XII SMK Al Amanah Tangsel. Maksud adanya grup ini adalah sebagai salah satu media belajar Pendidikan Agama Islam. Melalui media ini siswa dapat saling berbagi ilmu, berdiskusi sampai mengerjakan tugas. Dari sisi penggunaan waktu, penulis ingin mengajak siswa agar dari sekian waktu yang dia gunakan untuk berFBria ada sekian menit yang benar-benar bermanfaat untuk menambah ilmu mereka. Sedangkan dari sisi ekonomis, setidaknya ada beberapa rupiah uang pulsa yang mereka belanjakan dapat ditukar dengan ilmu.

***

Sesuai dengan kelasnya, seluruh siswa kelas XII wajib masuk di grup ini. Sebagai reward penulis memberikan penilaian bagi mereka yang memposting atau memberikan komen di grup, tentu saja bila sesuai dengan ketentuan. Apa yang dapat dilakukan dengan dengan FB untuk belajar? Berikut ini langkah yang sudah penulis lakukan melalui FB :

1. Membuat topik diskusi untuk menggali dan memperluas wawasan tentang topik tertentu. Pada posting awal saya mengunggah topik diskusi ‘Makna Ramadhan”. Posting ini cukup mengundang banyak komen.

fb4

 

 

 

 

 

 

2. Membuat tugas yang harus diposting di grup. Siswa dapat mengambil informasi dari berbagai sumber untuk melengkapi tugasnya, baik sumber online maupun offline. Untuk menghindari plagiasi siswa hanya boleh menuliskan ringkasan dari informasi yang dibacanya dan diharuskan menuliskan sumbernya.

fb1

 

 

 

 

Menuliskan sumber :

fb3

 

 

 

 

3. Memposting iklan kegiatan. Cara ini sangat efektif karena dapat langsung  dapat dilihat oleh anggota grup.

fb2

 

***

Setelah berjalan beberapa bulan, penulis menemukan beberapa fenomena seperti :

– Adanya beberapa siswa yang ‘sedikit bicara’ pada saat diskusi di kelas ternyata mereka hebat pada saat memberikan komen dengan alur pemikiran yang runtut dan bahasa yang teratur. Bagi mereka penulis mendorong untuk membuat blog pribadi. Demikian pula ada beberapa siswa yang sebaliknya.

– Memberikan media lain untuk menyampaikan pendapat selain media lisan, yakni media tulis.

– Memacu mereka untuk mencari informasi dari berbagai sumber.

– Memacu mereka untuk memberikan tanggapan terhadap posting temannya. Tentunya pemilik posting akan sangat senang postingnya ditanggapi temannya.

– Mereka merasa sangat dihargai apabila posting ditanggapi. Ada siswa yang protes saat penulis terlambat memberikan komen/tanggapan, padahal hal ini tidak disengaja. Penulis merasa sangat dihargai karena betapa besarnya pengaruh komen guru. Tentu kitapun merasakan hal yang sama.

Demikian semoga bermanfaat.

***

@harris hotel bandung

About rofiquez

Berkelana untuk mendapatkan hikmah
This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s