Dari Rakernas DPP AGPAII (1): Arti AGPAII Bagi Guru PAI


DSC03500Semangat guru PAI untuk semakin eksis dalam kancah pendidikan semakin membara, salah satunya dengan membentuk Asosiasi Guru PAI Indonesia (AGPAII). Organisasi ini memayungi guru PAI dari semua tingkat. Setelah sukses menggelar Kongres di Pekanbaru (November 2012), AGPAII kembali menggelar Rakernas DPP di Islamic Centre Bekasi (23-24 Maret 2013).

Saat pembukaan, Kamaludin Sir (ketua panitia) melaporkan bahwa Rakernas diikuti oleh sekitar 50 orang yang mewakili DPW/DPD dari seluruh Indonesia, yakni Aceh, Sumut, Riau, Lampung, Jabar, DKI, Jateng, Kaltim, Kaltara, Bali, Kutai Timur, Kotabaru, Tangerang Selatan, dll. Daerah-daerah tersebut merupakan asal peserta yang menjadi pengurus DPP.

Arti Penting AGPAII

Selanjutnya dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Imam Tholkhah, MA. selaku pembina AGPAII mengatakan bahwa kehadiran AGPAII hendaknya memberikan arti bagi PAI, yaitu peningkatan mutu PAI. Imam mengingatkan betapa berbagai problem sosial selalu dikaitkan dengan PAI, seperti akhlak dan pengamalan ajaran agama. Oleh karena itu “…diperlukan semangat untuk selalu membesarkan AGPAII misalnya dengan menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah terkait, melaksanakan program yang dapat membantu pemerintah dan menyediakan data terkait pendidikan Islam di daerah masing-masing”, demikian tandasnya.

Mantan Direktur PAIS Kemenag RI (2006-2011) ini juga merasa terharu karena setelah enam tahun berdiri AGPAII semakin melebar ke penjuru tanah air. Kelahiran AGPAII memang tidak bisa dilepaskan dari tangan dingin pak Imam. AGPAII lahir pada saat pertemuan ketua KKG/MGMP PAI seluruh Indonesia enam tahun yang lalu pada saat beliau menjabat Direktur PAIS. Selanjutnya dukungan beliau tidak pernah lepas dan AGPAII menjadi mitra kerjanya.

Semoga organisasi ini merupakan salah satu amal jariyah bagi pak Imam dan manfaat kehadiran GPAII semakin hari dapat dirasakan oleh guru PAI di berbagai penjuru tanah air. Meski masih harus disokong dengan kerja keras pengurus dan anggota, dari pusat dampai ke daerah.

***

About rofiquez

Berkelana untuk mendapatkan hikmah
This entry was posted in Info AGPAII Tangsel. Bookmark the permalink.

One Response to Dari Rakernas DPP AGPAII (1): Arti AGPAII Bagi Guru PAI

  1. Arli Jahrudin says:

    SURAT TERBUKA UNTUK KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA PROV KAL-SEL. Asslkm. Semoga Kita Semua Selalu Dibawah Lindungan-Nya. Kepada Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalsel yang kami hormati, bagaimana sikap Bapak terhadap laporan kami yang pernah menghadap Bapak di Kantor Kanwil Kementerian Agama Kalsel di Banjarmasin tertanggal 21 November 2013 kemarin? Bapak kemarin berjanji kepada kami untuk menindaklanjuti masalah ini. Tolong Pak, berikan kami penjelasan tentang masalah ini, atau Bapak “setuju” aja dengan tindakan Kepala Kementerian Agama disalah satu kabupaten di Kalsel ini. Sekali lagi kami mohon kepada Bapak, untuk menindaklanjuti masalah ini, jangan sampai berlarut-larut dan (mungkin) akan menimbulkan masalah baru lagi. Perlu Bapak ketahui, ini baru masalah yang terjadi di kalangan Guru Agama di Sekolah Umum, masih ada (banyak) masalah pelik yang terjadi di kalangan kementerian agama di kabupaten tersebut di kalsel dan itu merupakan “anakbuah”/atau dibawah wewenang Bapak, bila tidak segera Bapak tindak lanjuti, masalah ini akan terus melebar, misalnya ke ranah politik dan kami mengetahui bahwa keberadaan parpol xxx sedikit banyak ada berperan penting dalam hal menentukan pucuk pimpinan kantor ataupun skpd dilevel yang terendah sampai dilevel yang tertinggi . Terimakasih atas atensi dan perhatiannya. Wassalamu’alaikum wr. wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s