Lomba Lintas Agama, Sebuah Potret Toleransi


Laporan Ketua PanitiaSiapa yang tak kenal pulau Bali? Bali merupakan salah satu daerah yang masyarakatnya terdiri dari berbagai agama dan Hindu adalah mayoritasnya. Namun demikian agama yang lainpun berkembang dengan baik, seperti Islam, Kristen Protestan dan Katolik. Kerukunan beragama di Bali tergolong baik, terbukti sampai saat ini hampir tidak terdengar adanya konflik bernuansa agama. Mereka hidup berdampingan dengan damai. Maka tidak heran kalau dalam satu sekolah siswanya terdiri dari pemeluk agama-agama tersebut. Sebuah potret toleransi yang patut dicontoh.

Salah satu wujud kerukunan beragama adalah diselenggarakannya Lomba Lintas Agama di Kec. Kuta Utara, Kab. Badung (Kamis, 18 Oktober 2012) oleh KKG Agama Kec. Kuta Utara.  Lomba yang dilaksanakan di SDN No. 3 Kerobokan Kaja ini diikuti SD di Kec. Kuta Utara dan dihadiri oleh seluruh kepala Sekolah dan guru-guru agama Islam, Hindu, Kristen dan Katolik, siswa dan orangtua siswa.

“Lomba ini mendapat sambutan yang menggembirakan dan didukung oleh UPT Pendidikan Kec. Kuta Utara”, demikian dikatakan oleh Ketua Panitia, Mardiana Ulfa yang sehari-hari sebagai guru PAI di SDN No. 2 Kerobokan Kaja. Tidak heran peserta lomba ini cukup banyak, untuk agama Islam terdiri dari 26 SD, Protestan 15 SD, Katolik 10 SD dan agama Hindu diikuti oleh seluruh SD di Kec. Kuta Utara.

Pelaksanaan Lomba

GeguntanganLomba yang berlangsung sehari ini diawali dengan pembukaan. Pada sesi ini dimeriahkan dengan pembacaan kidung oleh guru-guru agama Hindu, atau yang dikenal dengan geguntangan. Selanjutnya peserta menuju ruang yang telah disiapkan untuk melaksanakan lomba sesuai agamanya masing-masing.

KaligrafiDi ruang lomba agama Islam dilaksanakan lomba kaligrafi. Diruang yang lain dilaksanakan lomba membaca Al Kitab (Katolik), menyanyi lagu rohani (Protestan) dan membuat canangsari atau alat persembahyangan (Hindu). Selanjutnya peserta kembali ke aula untuk mendengarkan hasil lomba, penerimaan hadiah dan penutupan. Dengan pelaksanaan lomba seperti ini pengunjung dapat menyaksikan lomba ketrampilan berbagai agama di dalam satu lokasi.

Kuatkan Jalinan Kerukunan

Lomba lagu rohani Kepala UPT Kec. Kuta Utara, I Made Rai Kumara Jaya, S.Pd. merasa bangga dengan lomba yang pertama kali dilaksanakan  ini di wilayah kerjanya. Ia berharap agar lomba seperti ini dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang untuk meningkatkan kreatifitas siswa. “Namun yang terpenting adalah untuk menguatkan jalinan kerukunan beragama antar siswa, guru dan sekolah”, demikian tandasnya. Dia menambahkan, bahwa keanekaragaman agama yang ada di Kec. Kuta Utara khususnya akan menjadi indah kalau selalu ditanamkan rasa saling rukun, menghormati dan menghargai.

Juri membaca Al KitabMengamini kepala UPT, seorang guru agama Kristen juga merasa senang dengan lomba ini. Dikatakannya, dengan lomba ini dapat memupuk rasa saling menghormati dan menghargai antar umat beragama.  Demikian pula mereka jadi saling mengenal antar sesama guru maupun guru dengan pengawas dan UPT.

*

CanangsariLomba ini menjadi penyejuk di tengah-tengah sering terdengarnya konflik bernuansa SARA. Ternyata ‘biaya’ untuk memelihara sebuah iklim kerukunan sangat murah, hanya bermodalkan keteguhan keimanan, kebesaran hati dan saling hormat. Sebaliknya ‘biaya’ mengembalikan kondisi menjadi rukun kembali setelah konflik sangatlah mahal dan butuh waktu lama. Sebuah teladan kembali hadir.

Sumber : Mardiana Ulfa

 ***

About rofiquez

Berkelana untuk mendapatkan hikmah
This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

4 Responses to Lomba Lintas Agama, Sebuah Potret Toleransi

  1. Keitha says:

    This is a message to the webmaster. Your website is missing out on at least 300 visitors per day. I discovered this page via Google but it was hard to find as you were not on the first page of search results. I have found a website which offers to dramatically increase your traffic to your site: http://voxseo.com/traffic/. I managed to get over 10,000 visitors per month using their services, you could also get lot more targeted visitors than you have now. Hope this helps🙂 Take care.

  2. Afrizal Abuzar says:

    DPP Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPP-AGPAII) mengucapkan selamat atas terselenggaranya Lomba Lintas Agama di Kuta, Bali. Semoga dapat meningkatkan sikap saling menghargai dalam perbedaaan agama, suku, etnis, dan tindakan orang lain yang berbeda satu sama lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s