Pelatihan Presentation With IMPACT


Ingin selalu meningkatkan wawasan, pengetahuan dan ketrampilan di bidang pengembangan bahan ajar berbasis TIK (Teknologi Informatika dan Komunikasi) adalah niat saya sejak “jatuh cinta” kepada TIK. Menjadi obsesi saya bagaimana agar guru-guru mampu mengaplikasikan kecanggihan TIK dalam PBM. Dengan demikian TIK bermanfaat untuk mengakselerasi siswa dalam menyerap pengetahuan dan nilai yang disampaikannya. Saya harus “berbagi” dalam hal ini. Prinsip dalam berbagi adalah “anda hanya akan dapat memberi sesuatu kalau anda memiliki sesuatu itu”. Maka hampir pada setiap kesempatan saya sempatkan searching all about how to use ICT in the instructional process.

Informasi Klub IGI di Facebook

Kesempatan itupun datang saat munculnya notifikasi di grup IGI, bahwa ada undangan dari Universitas Paramadina tentang pelatihan Presentation With IMPACT. Alhamdulillah, mendapat konfirmasi mengikuti pelatihan tersebut pada Senin, 18 Juni 2012.

Pelatihan berlangsung di Kampus S2 UP lantai 22 Energy Building, kawasan SCBD Jl. Jend. Soedirman Jakarta. Di tempat yang sangat nyaman ini sekitar 20 orang peserta belajar dengan pak Tedy J. Sitepu. Sayang sekali ada beberapa peserta yang mengundurkan diri, jadi ada beberapa kursi yang kosong. Kalau boleh saya bilang, rugi sekali bila melewatkan kesempatan ini. Disamping karena materi dan servicenya, ada hal lain adalah networking. Setiap kali bertemu dengan orang baru pasti akan terbangun networking baru juga. Itulah yang saya dapatkan.

Presentasi yang Bertenaga

Acara diawali dengan presentasi pak Wijayanto (Managing Director and Co Founder Paramadina Public Policy Inst). Beliau menyampaikan materi sekitar komunikasi dan pentingnya menguasai teknik presentasi dengan baik. Berikutnya pak Tedy J. Sitepu mengisi acara sampai akhir.

Melalui acara ini pada prinsipnya pak Tedy ingin berbagi pengalaman tentang presentasi, utamanya menggunakan PowerPoint. Sebagai praktisi pengembangan organisasi dan manajemen perubahan yang sudah malang-melintang di berbagai perusahaan besar, termasuk pernah membuatkan presentasi pak Kuntoro untuk Presiden dan duta besar, pak Tedy memahami benar tentang prinsip-prinsip presentasi yang benar.

Pengalaman beliau tersebut dituangkan dalam bukunya Presentation With IMPACT. Buku inspiratif yang dicetak lux ini diterbitkan Kompas Gramedia. “Buku  setebal 166 halaman ini akan dipasarkan melalui jaringan Gramedia dengan harga di atas Rp. 100 ribu”, demikian menurut M. Fajar, staf Paramadina. Tetapi untuk peserta pelatihan buku ini diberikan secara gratis. Jadi sempurnalah…pelatihan gratis tapi ilmunya….ruarrr biasa.

Pak Tedy memperkenalkan konsepnya, yakni presentasi haruslah “IMPACT” atau berdampak bagi audiences. Dampak presentasi bisa ditimbulkan karena presentasi itu Impressive, Powerfull, Actual, Contextual and Trushworthy.

Pertama, presentasi harus impressive, mampu menarik perhatian audiens baik karena desain, substansi data dan cara penampilan presenter. Kedua, presentasi haruslah powerfull. Presentasi memiliki energi positif yang kemudian tersalurkan kepada audiens sehingga mampu membangun atensi hingga akhir presentasi. Atensi yang kuat akan melekatkan pesan presentasi pada benak audiens sehingga tujuan presentasi dapat dicapai secara optimal. Ketiga, presentasi harus actual. Permasalahan, data dan informasi yang disampaikan merupakan informasi terkini sehingga memiliki kebermanfaatan dan bermakna bagi audiens.Keempat, presentasi juga harus contextual. Presentasi yang disampaikan relevan dengan siapa dan dimana presentasi disampaikan. Dan kelima presentasi haruslah trushworthy. Tingkat keterpercayaan data, pernyataan dan isi presentasi akan menentukan ketercapaian tujuan presentasi. Oleh karena itu informasi yang disampaikan harus berupa data valid dari sumber terpercaya.

Ketercapaian presentasi, lanjut pak Tedy, ditandai dengan tiga ciri, pertama atensi audiens yang terjaga sepanjang sesi. Kedua, adanya interaksi seperti kontak mata, tanya jawab dan keterlibatan dalam proses. Ketiga, yang terpenting adalah tercapainya tujuan presentasi.

Membuat presentasi membutuhkan proses yang panjang dan matang untuk sebuah acara yang amat singkat. Tentunya Anda sering membuat presentasi. Berapa hari yang Anda butuhkan? Sehari, dua hari atau bahkan lebih. Lalu berapa lama  waktu untuk Anda mempresentasikannya? Bisa jadi 2 jam, satu jam atau bahkan kurang dari 1 jam. Akan tetapi waktu yang singkat itu sangat menentukan tujuan presentasi Anda. Dan…mutu media presentasi Anda ditentukan oleh waktu penyiapannya. Jadi jangan sia-siakan waktu atau proses pembuatannya.

Di akhir pelatihan, peserta diajak membuat mempowerpointkan narasi dan mempresentasikan didepan peserta lain.

Waktupun serasa berjalan cepat. Acara hebat ini berhasil menaikkan adrenalin untuk terus menggali cara membuat presentasi yang IMPACT. Terimakasih pak Tedy, terimakasih Paramadina. Sesi berikutnya selalu ditunggu.

***

Bagaimana cara mempersiapkan presentasi dengan baik?Tunggu posting lanjutan….

About rofiquez

Berkelana untuk mendapatkan hikmah
This entry was posted in Rupa-rupa. Bookmark the permalink.

4 Responses to Pelatihan Presentation With IMPACT

  1. hadi says:

    nice job…..

  2. ahmad taufik says:

    maturnuwun pak rofiq

  3. segera ditunggu lanjutannya pak…thanks before…busyam16-mlg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s