Melatih Otak Kanan


Diakui atau tidak masyarakat kita tidak merekomendasikan melakukan pekerjaan harian menggunakan tangan kiri, saru (tidak pantas), demikian wong Jowo bilang. Tangan kiri hanya dipantaskan untuk melakukan satu hal, istinja’ (bersuci setelah buang air). Nah lho. Tapi perkembangan penelitian mengatakan lain. Bahwa bagian kiri tubuh kitapun perlu dilatih. Disamping untuk mengaktifkan otak kanan juga berjaga-jaga siapa tahu bagian kanan kita ada ‘masalah’.

Seperti diketahui bahwa prinsip perintah kerja dari otak ke organ tubuh lainnya bersilang. Artinya otak kiri memerintah organ tubuh sebelah kanan dan demikian sebaliknya. Maka bila kita terbiasa menggunakan organ kanan untuk beraktifitas berarti otak kiri yang aktif. Mungkin bila digambarkan otak kiri kita sudah pudar warnanya demikian pula sudah lecet-lecet, sementara otak kanan kita masih mulus karena jarang aktif.

Bila kita melihat nilai raport sebagai ukuran prestasi kerja otak, maka bisa digambarkan sebagai berikut. Taruhlah nilai rata-rata kita 7,5. Nah, nilai ini sebagian besar hasil kerja otak kiri. Apa jadinya bila kedua belah otak kita diaktifkan? Bukan tidak mungkin mencapai 15…he..he… artinya prestasi bisa lebih baik lagi.

Agar kedua belah otak kita sehat, ada beberapa “senam otak” atau brain gym yang bisa dilatih untuk menjadi kebiasaan. Gerakan ini cukup menggunakan tangan, jari tangan dan kaki serta tidak perlu menggunakan pakaian senam.

Senam ini menimbulkan efek rileks dan menyegarkan. Maka sayapun membiasakan siswa-siswa saya melakukan brain gym selama 10 menit sebelum belajar sambil diputarkan musik…haseeekkk.

Sebenarnya gerakan apapun bisa saja dilakukan, yang penting bergantian antara tangan kiri dan kanan. Ikuti gerakan seperti ditunjukkan pada uraian berikut ini. Supaya tidak jenuh sekaligus menciptakan situasi alpha (rileks) silakan sambil putar musik. Gerakkan anggota tubuh Anda mengikuti ritme. Mau sambil gerakkan badan? Silakan. Berkeringat lebih sehat. Tulisan ini melengkapi posting sebelumnya. Selamat mencoba.

 

Eight game

Tujuan : menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan

Cara : Buatlah angka delapan tidur atau simbol ? di udara dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama.

Mainkan permainan ini setelah sarapan, selama dua menit setiap hari.

Thumb game

Tujuan : menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan.

Cara : Kepalkan kedua tangan, lalu acungkan jempol tangan kiri dan kelingking tangan kanan, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kanan. Sebaliknya, acungkanlah jempol tangan kanan dan kelingking tangan kiri, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kiri.

Latihlah permainan ini bersama teman-teman setelah makan siang, selama dua menit setiap hari.

Pattern game

Tujuan : menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan dan menggali potensi visual.

Cara : Gambarlah pola-pola tertentu di atas kertas kosong, dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama, ke arah dalam, luar, atas, dan bawah.

Rutinkah permainan ini selama dua menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

Specific crawl

Tujuan : menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, gerakan ini juga dapat membuat pikiran terbuka terhadap hal-hal yang baru.

Cara : Gerakkan tangan kanan serentak dengan kaki kiri. Kemudian balaslah, gerakkan tangan kiri serentak dengan kaki kanan. Idealnya, siku tangan menyentuh lutut. Iringi pula dengan lagu favorit.

Rutinkan gerakan ini secara 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

Specific posturing

Tujuan : mengaktifkan syaraf-syaraf tertentu secara umum dan otak kanan secara khusus.

Cara : Bertumpulah di lantai dengan lutut kiri dan tangan kanan. Sementara itu, kaki kanan diluruskan ke belakang dan tangan kiri diluruskan ke depan.

Latihlah posisi ini selama 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

Specific relaxing

Tip ini khusus anak-anak. Pertahankan posisi relaksasi setengah tengkurap. Biasakan pula posisi ini ketika anak tidur. Semakin dini, semakin baik. Biasakan pula posisi ini ketika anak sakit, sambil dipeluk oleh orang tua. Dengan demikian, otak anak berada dalam frekuensi alpha dan anak akan merasa damai karenanya.

Rotated reading

Balikkan sebuah tulisan (atas bawah), lalu bacalah tulisan tersebut dari kanan ke kiri. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini selama 2 menit setiap hari.

Left-handed handling

Peganglah gagang pintu dan bukalah pintu dengan tangan kiri. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini setiap hari.

Left-handed brushing

Gosoklah gigi dengan tangan kiri pada pagi hari. Untuk sore atau malam hari, tetaplah menggosok gigi dengan tangan kanan. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini setiap hari

Left-handed writing

Tulislah nama panggilan Anda dengan tangan kiri di atas kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana pada hari ke-3 Anda dapat menulisnya dengan sangat mudah.

Left-handed signing

Buatlah tanda tangan Anda dengan tangan kiri di atas sehelai kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana 2 dari 10 tanda tangan tersebut menyerupai bentuk aslinya.

Left-handed dish washing

Biasakan mencuci piring menggunakan tangan kiri, terutama saat menggosok/meratakan sabun dan membilas. Latihlah setiap saat mencuci piring, Anda akan menemukan keajaiban bahwa piring ke-30 nggak pecah lagi….he…he…

Demikian, selamat mencoba dan mencoba. Nikmati segala kekeliruan yang ditimbulkan tangan Anda. Dan kami sangat tidak bertanggung jawab bila Anda kecanduan.

***

About rofiquez

Berkelana untuk mendapatkan hikmah
This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

5 Responses to Melatih Otak Kanan

  1. Enung Nurhabibah says:

    thanks.. pak.. alhamdulillah sebagai referensi penelitianku… hehehe..
    semoga bermanfaat amien..

  2. m urniati says:

    bgus,pak.alhamdulilah bertambah ilmuqu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s