TANGAN KIRI TERTINGGAL 34 TAHUN


GambarSuatu saat pada pelatihan guru se-kecamatan Serpong, Tangerang Selatan penulis menjadi salah seorang panelis. Sebelum menyampaikan materi pokok tentang “E-learning”, penulis memberikan sedikit pemanasan, seperti ini :

“Bapak dan ibu hadirin, mohon tuliskan makanan favorit Anda sebanyak mungkin dalam waktu 60 detik menggunakan tangan yang tidak biasa untuk menulis”.

Pesertapun ramai, “paak…suliitt”, teriak beberapa peserta. “Teruslah mencoba, pasti Anda bisa. Jangan melihat bentuk tulisan. Just write it“, penulis memberi motivasi.

Selama proses menulis penulis mengamati peserta. Sekitar 90% peserta menggunakan tangan kiri, berarti selama ini mereka banyak menggunakan tangan kanan untuk menulis dan beraktifitas lainnya.

Enam puluh detikpun berlalu. Ada peserta yang berhasil menulis 15, 13, bahkan ada yang hanya 5 jenis makanan. “Mengapa hanya 5 makanan bu. apakah ibu nggak doyan makan?”, tanya penulis pada seorang ibu bertubuh subur. “Bukan begitu pak. Saya kesulitan menulis pake tangan kiri”, jawabnya disambut gelak tawa peserta lain. Ayo kita bahas.

Penulis : Apa yang Anda rasakan?

Peserta : Sulit sekali pak. Tulisannya jelek…

Penulis : Kapan tangan kanan Anda merasakan kesulitan yang sama dengan tangan kiri beberapa menit yang lalu?

Peserta : Waktu belajar menulis di kelas 1 SD…

Penulis : Waktu kelas 1 SD berapa umur Anda? Dan itu berapa tahun yang lalu? Coba umur Anda dikurangi 6 tahun.

Peserta : Waktu kelas 1 SD saya berumur sekitar 6 tahun. Sekarang umur saya 40 tahun. Jadi 34 tahun pak. Apa maksudnya?

Penulis : Tangan kanan Anda merasakan kesulitan menulis 34 tahun yang lalu, sedangkan tangan kiri Anda baru beberapa menit yang lalu. Berarti tangan kiri Anda tertinggal 34 tahun dari tangan kanan. Padahal berapa jarak antara tangan kanan dan tangan kiri Anda?

Pesertapun sibuk menghitung ketertinggalan tangan kiri mereka masing-masing.

**

Sampai saat inipun barangkali kesadaran kita mengenai menyeimbangkan kerja otak kanan dan kiri masih minim. Disamping belum tahu manfaatnya juga karena faktor kebiasaan menggunakan organ sebelah kanan. Sebagaimana diketahui bahwa hubungan antara otak dengan organ tubuh adalah bersilangan. Perintah otak kanan dikerjakan oleh organ sebelah kanan dan perintah otak kiri dikerjakan otak sebelah kanan. Jadi kalau selama ini kita dominan menggunakan organ tubuh sebelah kanan-termasuk tangan kanan untuk menulis atau kaki kanan untuk menendang bola-berarti otak kiri kita lebih aktif. Bagaimana untuk menyeimbangkan kerja kedua belah otak kita tersebut? Tentu saja harus dilatih.

Di bawah ini terdapat sepuluh aktifitas yang bermanfaat untuk menyehatkan otak kanan kita.

1. Membiasakan aktif menjadi kidal (aktif tangan kiri) dan juga kanan

Lakukan pekerjaan-pekerjaan ringan menggunakan organ yang tidak biasa untuk melakukannya, jika terbiasa menggunakan tangan kanan maka gunakan tangan kiri (kidal) dan sebaliknya. Contohnya saat menyapu, mengepel, mencuci piring, menggunakan mouse komputer, atau menyikat gigi dari arah berlawanan. Menurut Franklin Institute, latihan ini dapat memperkuat hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf baru.

2. Membaca

Membaca dapat melenturkan otot-otot otak, baik bacaan ringan (seperti komik atau majalah) maupun bacaan untuk informasi. Dan menurut studi Dr Nikolaos Scarmeas padaa tahun 2001, membaca dapat membantu membangun ‘cadangan kognitif’ untuk menunda timbulnya demensia.

3. Bermain puzzle atau teka-teki silang

Teka-teki silang, puzzle, Sudoku dan jenis puzzle lainnya, dapat melatih otak khususnya otak kiri, demikian menurut pusat pelatihan kognitif LearningRx. Tambahkan strategi baru untuk mengefektifkan latihan otak, misalnya memecahkan teka-teki silang dengan tema yang tidak biasa.

4. Bermain permainan strategi

Permainan strategi seperti catur, monopoli atau game komputer lainnya, akan menggunakan otak kanan yang dapat membantu orang untuk lebih berpikir kreatif.

5. Ubah rutinitas

Menurut Lawrence Katz, profesor Neurobiologi di Duke University Medical Center, mengubah rutinitas dan cara-cara hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Latihan yang bisa dilakukan misalnya, mandi dengan mata tertutup atau mengatur ulang posisi meubelair di kamar atau kantor Anda.

 6. Belajar bahasa asing

Dengan belajar bahasa asing akan mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan sejak Anda mulai berbicara. Sebuah studi tahun 2007 di York University di Toronto, menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf.

7. Menikmati musik

Selain mendengarkan musik, belajar juga untuk memainkan instrumen musik. Para ahli juga merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indera sekaligus, seperti mendengarkan musik dan mencium bunga.

8. Latihan fisik

Latihan fisik juga dapat meningkatkan kesehatan otak, karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Menurut Stanford Center on Longevity and the Max Planck Institute for Human Development, latihan fisik dapat meningkatkan perhatian, penalaran dan memori.

9. Hidup sosial

Otak dapat dilatih dengan menjalani kehidupan sosial Anda, misalnya dengan mengunjungi teman. Sebuah studi 2006 oleh Dr David Bennett dari Rush University Medical Center menemukan bahwa memiliki jaringan sosial dapat memberikan perlindungan terhadap gejala klinis penyakit Alzheimer.

10. Mencari hobi baru

Tantang otak untuk belajar keterampilan baru atau hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Jika Anda bukan seniman, cobalah untuk belajar melukis atau memahat. Jika Anda bisa bermain piano, belajarlah memainkan gitar. Temukan sesuatu yang baru dan menarik untuk dapat menjaga otak tetap aktif.

Demikian semoga bermanfaat. Nantikan posting berikut mengenai senam otak (brain gym) sederhana.

(Disarikan dari beberapa sumber)

About rofiquez

Berkelana untuk mendapatkan hikmah
This entry was posted in Rupa-rupa. Bookmark the permalink.

8 Responses to TANGAN KIRI TERTINGGAL 34 TAHUN

  1. Endi S. Zen says:

    Ruar biasa…!!! Terus memberi informasi yang bermanfaat. Semoga menjadi amal soleh. He,,,he,,,he,,,,

  2. mbaheariel says:

    wah,,patut dicoba nih om !!!

  3. azkia says:

    hebat euy. nuhun kang infona

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s