NRG dan SERTIFIKASI


Perhatian pemerintah terhadap guru di antaranya membuatkan NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dan yang terakhir adalah NRG (Nomor Register Guru). Tujuannya adalah agar guru-guru di Indonesia ini terdata dengan baik. Dengan demikian guru yang sudah memiliki dua nomor identitas tersebut sudah tercatat di database pemerintah (Kemdiknas).

NUPTK dan NRG selanjutnya menjadi salah satu item yang harus ditulis dalam pengisian formulir maupun pengurusan hal-hal lain yang berkaitan dengan hak guru, seperti pencairan tunjangan sertifikasi. Di lingkungan Dinas Pendidikan NRG tidak menjadi syarat pencairan tunjangan sertifikasi, namun di lingkungan Kemenag lain lagi aturannya, tunjangan bisa dicairkan bila sudah punya NRG.

Perbedaan aturan ini membuat gerah guru-guru Kemenag terutama GPAI yang mengajar di sekolah umum. Tentunya mereka bertanya-tanya mengapa ada perbedaan aturan tersebut, apalagi mengetahui teman sejawatnya (guru Dindik) sudah cair. Apalagi didesak kebutuhan menjelang Lebaran. Beberapa teman menanyakan hal ini kepada penulis. Mereka mendesak agar melacak mengapa NRG mereka belum turun. Penulispun segera mengontak beberapa Pengawas dan pejabat Kemenag Pusat yang berwenang dalam hal ini. Jawaban beliau relatif seragam, bahwa data sudah meluncur ke Kemdiknas selaku instansi yang mengeluarkan NRG bahkan mungkin sedang dikerjakan, dan Kemdiknas hanya melayani input data dari antar departemen (dalam hal ini Kemenag Pusat).

Sudah menjadi kodrat dan sangat manusiawi bahwa kita ingin agar hak-hak kita segera dipenuhi. Menyikapi hal ini panulis hanya menyampaikan agar (1) porsi kesabaran diperluas, (2) tertunda bukan berarti hilang pasti akan dibayarkan bahkan akumulatif dalam jumlah yang lebih besar, (3) tetap harus bersyukur karena masih banyak teman-teman yang belum sertifikasi, harus ada tenggang rasa jangan meributkan hal ini di depan mereka, (4) penuntutan hak pembayaran harus disertai penuntutan pada diri sendiri bahwa KOMPETENSI SEBAGAI PENDIDIK HARUS SEMAKIN MENINGKAT, sesuai harapan pemerintah dengan adanya tunjangan ini. Adanya tunjangan sertifikasi membuat guru semakin sejahtera, tentu saja keleluasaan finansial ini harus pula membuat guru semakin leluasa belajar dan belajar agar kompetensi sebagai guru semakin baik. Bukankah “pengajar yang baik adalah pengajar yang selalu belajar”?

So…tetaplah berfikir positif. Upaya perbaikan dan peningkatan kesejahteraan dan mutu guru sudah berjalan sekalipun masih banyak kekurangan. Itu lebih baik ketimbang belum dilakukan sama sekali . Kendala dalam proses sangat wajar terjadi mengingat yang diurusi ratusan ribu guru sedangkan yang memproses data paling cuma puluhan ribu orang. Kalaupun masih diproses…ya sabar aja menunggu, itu lebih baik ketimbang belum pemberkasan sama sekali. Semoga segalanya berjalan dengan baik.

Namun demikian update informasi sekitar NRG dan keterkaitannya dengan sertifikasi tetap dilakukan. Dibawah ini beberapa data yang berhasil penulis jaring, semoga bermanfaat.

1.Permendiknas_Nomor_11_Tahun_2011 (1

2.NRG_Depag_15_juni_2011

3.Buku_1_Pedoman_Penetapan_Peserta_Sertifikasi_Guru_Tahun_2011

4. NRG waspai dan gpai tangerang dan tangsel1

Demikian…tapi saya mohon maaf kalau kurang bagus penampilannya, setelah di scan buru-buru ingin berbagi, jadi apa adanya.

Wassalam

About rofiquez

Berkelana untuk mendapatkan hikmah
This entry was posted in Info AGPAII Tangsel. Bookmark the permalink.

16 Responses to NRG dan SERTIFIKASI

  1. uchim says:

    kalo blom punya nrg
    gmana cara ngurus nya ya..???

    terima kasih

  2. As wr wb Nama TOTO SUBAGYO, S. Ag
    NUPTK 1453-7516-5320-0013
    NRG 02 229 043 2002 SK Nomor : DJ.I/DT.I.I/1586/2011 NO URUT 79
    TERIMAKSIH PAK HARI INI DATA DATA SAYA YANG SUDAH SAYA DAPAT BERKAT BANTUAN DAN KERJASAMA PAK HARI SEMUANYA SUDAH LANCAR,,TAK LUPA SELURUH KELUARGA SAYA TITIP SALAM SAMA BPK, JIKA ADA TEMAN YG INGIN CEPAT TEMBUS DALAM PENGURUSAN NRG DAN NUPTK IKUTI JEJAK SAYA DAN SAYA SARANKA HUB PAK HARI STAFF AHLI MENDIKNAS DIRJEN PMTK LPMP PUSAT JAKRTA,,DI NO 085-398-230-167,

  3. awaludin says:

    terimaksih pk hari awalnya saya gak percaya tpi setelah saya buktikan Nrg saya sekagn sudah ada pak Syukur alhamdullilah sekarng saya sudah mengurus dana sertifikasi guru trmaksih ya pak..DEMI allah SAYA SUDAH BUKTIKAN ,,,,,ini data saya pak 084332072001 08140121010174 AWALUDIN 530015406 SMAN 1 KAPUAS HULU

  4. saya juga ikut berterimaksih kpd bapak Hari Atas bantuannya,, informasinya saya dpt dri teman yg sudah berhasill juga ,,awalnya sih saya ragu tapi setelah membunktikannya saya juga ikut bergabung dan menghubungi pak Hari di 085398230167 staf ahli mendiknas akhirnya data sya sudah bisa saya dptkan, semua teman teman AKHIRNYA IKUT JUGA bergabung..inilah data data saya berkat bantuan bpk hari handoko,,,, 085029056018 08140421410671 ENDANG SUGIARTI 132019507 SMA Muhammaiyah Sampit

  5. As wr wb Nama TOTO SUBAGYO, S. Ag
    NUPTK 1453-7516-5320-0013
    NRG 02 229 043 2002 SK Nomor : DJ.I/DT.I.I/1586/2011 NO URUT 79
    TERIMAKSIH PAK HARI INI DATA DATA SAYA YANG SUDAH SAYA DAPAT BERKAT BANTUAN DAN KERJASAMA PAK HARI SEMUANYA SUDAH LANCAR,,TAK LUPA SELURUH KELUARGA SAYA TITIP SALAM SAMA BPK, JIKA ADA TEMAN YG INGIN CEPAT TEMBUS DALAM PENGURUSAN NRG DAN NUPTK IKUTI JEJAK SAYA DAN SAYA SARANKA HUB PAK HARI STAFF AHLI MENDIKNAS DIRJEN PMTK LPMP PUSAT JAKRTA,,DI NO 085-398-230-167,

  6. ,,saya juga ikut berterimaksih kpd bapak Hari Atas bantuannya,, informasinya saya dpt dri teman yg sudah berhasill juga ,,awalnya sih saya ragu tapi setelah membunktikannya saya juga ikut bergabung dan menghubungi pak Hari di 085398230167 staf ahli mendiknas akhirnya data sya sudah bisa saya dptkan, semua teman teman AKHIRNYA IKUT JUGA bergabung..inilah data data saya berkat bantuan bpk hari handoko,,,, 085029056018 08140421410671 ENDANG SUGIARTI 132019507 SMA Muhammaiyah Sampit

  7. suwarno says:

    Pak saya salah seorang guru SD. diwilayah Kecamatan Nagrak, Kab, Sukabumi, Jawa Barat. Saya Lulus PLPG tahun 2007, penyelenggara UPI Bandung.Tapi NRG saya sampai sekarang belum ada ( Nomor Registrasi Guru-nya bukan kartunya), Melalui media ini dengan rasa hormat saya minta bantuan bapak kiranya dapat membantu permasalahan saya. Data pendukung saya, Nama Suwarno, Tempat Tugas : SDN 1 Nagrak, Kec. Nagrak. Kab. Sukabumi, Jabar. NUPTK saya: 9960739641200002, terimakasih sebelumnya atas bantuannya.

    • rofiquez says:

      trimakasih pak suwarno sudah mampir.sepertinya saran pak toto sudarto dan bu endang sugiarti pada tanggapan terdahulu dapat membantu bapak.silakan bp mencoba,semoga berhasil.

  8. PERHIMPUNAN GURU MADRASAH KABUPATEN LOMBOK TIMUR says:

    pak saya adalah salah seorang guru swasta di MTsS di wilayah kabupaten lombok timur nusa tenggara barat kecamatan wanasaba.saya lulus PLPG tahun 2012, penyelenggara Universitas Mataram tetapi sampai hari ini NRG saya belum juga keluar. melalui media ini dengan tidak mengurangi rasa hormat, saya mohon bantuan bapak kiranya dapat membantu saya pada permasalahan ini. data pendukung saya SUPRATMAN HADI, Tempat Tugas MTsS Darul Hijrah NW Orong Balu, Kec. Wanasaba Kab. Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nama Ibu Kandung Maemunah, NUPTK 7563 7636 6611 0083. terima kasih sebelumnya atas bantuan bapak

Leave a Reply

