Silaturrahmi GPAI Kota Tangerang Selatan


MGMP PAI SMP Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan silaturahmi GPAI. Acara ini dilaksanakan hari Selasa, 31 Mei 2011 di SMPN 11 Kota Tangsel. Diikuti oleh 64 GPAI SMP acara  ini dihadiri pula oleh Kadis Pendidikan, Drs. H. Mathoda, M.Si. dan Ketua Sanggar PAI Tangsel, Drs. H. Antasa. Menurut Taufikurrahman, Ketua MGMP PAI SMP Tangsel, acara ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan langkah GPAI dalam mewujudkan visi dan misi Kota Tangsel terutama pada aspek religiusitas.

Ketua Sanggar berpesan bahwa guru PAI harus senantiasa meningkatkan kompetensinya dengan menguasai metode pembelajaran PAKEM dan ICT. “Untuk mencapai peningkatan kompetensi yang diharapkan, MGMP harus punya program yang nyata”, demikian tandas H. Antasa.

Penerapan Nilai Religiusitas di Sekolah

Sementara itu dalam pengarahannya, Kadispend Kota Tangsel menyampaikan penghargaan atasan gagasan silaturrahmi seraya berharap dapat bertemu dengan GPAI SD, SMA dan SMK di kesempatan mendatang. Kadis juga mengharapkan GPAI dapat berperan secara maksimal dalam mewujudkan religiusitas Tangsel. “Kiprah GPAI hendaknya tidak hanya di sekolah, tetapi diperluas sampai ke masyarakat, minimal di lingkungannya”, demikian ditegaskan Pak Haji,panggilan akrab Kadis.

Menurut pak Kadis, untuk mempercepat pencapaian visi Tangsel, dalam waktu dekat Dinas Pendidikan akan mengeluarkan kebijakan berupa :

1. Baca Tulis Al Quran sebagai muatan lokal wajib di sekolah-sekolah negeri dan swasta mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK.  Untuk menunjang hal itu Kadis mengharapkan segera disusun kurikulum, buku pedoman dan lembar kerja BTQ. Sedangkan bagi sekolah non muslim diisi dengan pendalaman kitab suci agamanya.

2. Setiap hari melaksanakan program pembiasaan tadarus Al Quran 10 menit sebelum jam pertama.

3. Melaksanakan kegiatan bernuansa keagamaan.

4. Siswa/i SMP diwajibkan memakai rok/celana panjang.

5. Siswi memakai busana muslimah pada hari Kamis dan Jumat.

6. Memasang lafadz Asmaul Husna di sekolah.

7 Menata lingkungan sekolah sehingga nyaman untuk belajar.

Pada kesempatan ini Kadispend juga menyampaikan rasa bangganya terhadap GPAI Tangsel yang telah memiliki buku pedoman BTQ dan lembar kerja siswa produk sendiri.

Pada kesempatan yang sama, Endi Suhendi selaku ketum AGPAII Kota Tangsel juga mengagendakan pelatihan metode membaca Al Quran efektif dan pelatihan pembuatan media pembelajaran PAI berbasis IT dalam waktu dekat.

***

About rofiquez

Berkelana untuk mendapatkan hikmah
This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s