SMK Al Amanah Setu Menanam


Sejak awal tahun pelajaran 2009/2010 SMK Al Amanah Setu telah memproklamirkan diri menjadi Green School (GS). Langkah sederhana menuju komitmen ini adalah dengan memperbanyak tanaman hias di halaman sekolah. Walaupun halaman sekolah termasuk sempit tidak menjadi halangan untuk terus berupaya mewujudkan komitmen tersebut. Untuk memperkuat perwujudan GS sekolah bekerjasama dengan PT. Aneka Usaha Mandiri dengan kegiatan saling menguntungkan seperti pelatihan daur ulang kertas, pembuatan kompos cair dan pemanfaatan barang bekas.

Atas undangan Puspiptek 28 sekolah di Kota Tangerang Selatan mengikuti seminar dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Hijau Dunia yang juga bertempat di Puspiptek. Disamping diberikan materi kebangsaan, sekolah yang diundang juga diberi bantuan pohon sebanyak 15 batang per sekolah, terdiri dari pohon menteng, melinjo dan jarak. Pohon tersebut ditanam di sekolah masing-masing secara serentak pada tanggal 22 Mei 2010 bertepatan dengan peringatan Hari Menanam Sedunia.

Persiapan acara sudah dilakukan sejak tanggal 21 Mei 2010 dengan menyiapkan lubang tanam di halaman sekolah dan menyiapkan media tanam. Pembuatan lubang tanam dilakukan oleh siswa yang tergabung dalam Komunitas Siswa Peduli Lingkungan (KSPL) SMK Al Amanah sebanyak 30 siswa. Kegiatan ini dibimbing oleh Drs. Abd. Aziz Rofiq dan Sapto Sudrato, S.Pd. selaku Pembina KSPL.

Kegiatan menanam dilaksanakan pada hari Sabtu 22 Mei 2010. Pukul 09.30 siswa sudah berbaris di halaman sekolah untuk mengikuti prosesi peringatan Hari Menanam Sedunia. Acara dimulai dengan pembukaan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah. Selaku Kepsek Drs. Nahrawi, S.Ag. menyampaikan tentang pentingnya memelihara bumi ini sebagai rumah tempat tinggal manusia, sekecil apapun upaya kita hendaknya tetap dilakukan untuk melestarikan bumi kita. Peduli lingkungan juga merupakan pengamalan akhlak mulia yakni akhlak kepada alam. Disamping itu bumi merupakan warisan kepada anak-cucu kita semua, bisa jadi kita tidak menikmati apa yang kita lakukan hari ini maka keturunan kita yang akan menikmatinya. Tepat pukul 10.00 Kepala Sekolah melakukan penanaman pohon menteng diikuti pengurus OSIS dan para siswa.

Semoga upaya kecil ini dapat memberi sumbangan bagi pelestarian bumi sebagai rumah kita.

***

About rofiquez

Berkelana untuk mendapatkan hikmah
This entry was posted in Lingkungan. Bookmark the permalink.

One Response to SMK Al Amanah Setu Menanam

  1. alamsyah says:

    assalamu’alaikum…
    wah…bagus banget pak kegiatannya…bisa mengurangi gombal waming tuh pak (eh global warming maksudnya…). tapi kok sekarang halaman parkir smk jadi kurang tertata rapi deh pak…itu menurut saya loh pak…hanya sekedar masukan..tapi buat kegiatannya keren banget pak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s