Let’s Go (2) BLOG


Sudah menjadi hak asasi bahwa kita sangat membutuhkan ekspresi. Berbagai cara dilakukan agar ekspresi tersalurkan, misalnya seniman melalui karya-karyanya, penyair melalui syair-syairnya. Ada sebagian yang lain mempunyai cara ekspresi dengan menulis, baik cerita, pengalaman, atau sekedar curahan hati. Bagi yang mempunyai hobby menulis pada beberapa kurun waktu yang lalu harus menulis di buku atau media cetak seperti surat kabar dan majalah dan itu harus menunggu dalam waktu lama untuk sampai diterbitkan dan dipublikasikan. Berkat teknologi, saat ini cara itu dapat dipangkas, dalam waktu yang relative singkat kita bisa menulis dan mempublikasikan secara cepat melalui media gratisan dan jangkauan yang lebih luas, yakni melalui blog.

Blog adalah website pribadi yang disediakan dengan gratis di dunia maya, misalnya menggunakan multiply, blogger, maupun wordpress. Di media tersebut kita bisa menuangkan isi otak kita dalam bentuk tulisan dan gambar. Bukan hanya itu, melalui blog kita dapat menjalin silaturrahmi dengan sesama bloger, saling tukar pikir dan bertukar ilmu, dan dengan senang hati teman-teman bloger akan berbagi.

Caranyapun mudah, asalkan punya email kita sudah bisa membuat blog. Yang dibutuhkan adalah kemauan untuk selalu mengupdate informasi pada blog kita. Semakin updated maka blog akan semakin menarik dan dikunjungi orang lain dari berbagai belahan bumi.

Komunitas Bloger Benteng Cisadane (KBBC) adalah komunitas blog yang bermarkas dan beranggotakan para bloger di daerah Tangerang (kota, kabupaten dan tangsel). Sebagai wujud kepedulian terdapat peningkatan melek IT terutama blog komunitas ini mengadakan pelatihan membuat blog di SMK Al Amanah Tangsel tanggal 18 April 2010 yang lalu.

Pelaksanaan dibagi menjadi tiga gelombang, berlangsung sejak pukul 10.00 – 15.00. Pesertanya cukup banyak baik dari kalangan siswa maupun guru. Hampir setiap gelombang pesertanya penuh. Ini membuktikan bahwa kemauan dan antusiasme untuk memiliki website pribadi cukup tinggi.

Pak dan bu guru tidak mau ‘ketinggalan kereta’. Beliau-beliau ini ingin melek IT dan ingin berbagi dengan para siswanya. Ustadz Amroni, bu Sri, bu Anny, pak Wahib (yang terakhir ini sudah bisa, cuma numpang ngetop aja) mengikuti dengan serius kegiatan ini. Pengalaman lucupun terjadi , misalnya lupa password email karena lama nggak dibuka sehingga harus membuat email baru lagi. Setelah beberapa kali dicoba…..nah berhasil…berhasil…horreee…. . Nah jangan lupa mengupdatenya ya pak/bu.

Btw trimakasih buat KBBC yang telah menurunkan crewnya (Kang Kombor, bang Edy Caplang, kang Payjo, dll tanpa mengurangi rasa hormat dan salut kpd yg lain) ‘turun gunung’ ke SMK Al Amanah, semoga dengan wasilah pelatihan hubungan semakin akrab dan sukses untuk KBBC! Kami nggak nolak kalau ada pelatihan lagi…

***

About rofiquez

Berkelana untuk mendapatkan hikmah
This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s