UASBN Pendidikan Agama


Sejak saya sekolah SD bahkan mungkin sebelum itu Pendidikan Agama menjadi pelajaran ‘penting tidak penting’. Dibilang penting karena menjadi benteng terakhir kenaikan/kelulusan siswa terutama dari segi moral. Masih ingat kan dulu cikgu kita selalu bilang “kalo nilai agama di bawah 6 kalian tidak akan naik kelas atau tidak akan lulus”. Kalimat itu terngiang sampai sekarang. Maka kita menjadi rajin belajar agama, belajar wudhu, rajin shalat, sampai membawa nasi rames untuk peringatan maulid di sekolah, yang penting nilai agama kita jangan sampai kurang dari 6.

Beberapa tahun kemudian agama menjadi tidak penting karena ‘kalah penting’ dibanding mata pelajaran yang diUNkan. Pendidikan agama dan pelajaran lain non UN untuk sementara minggir, dahulukan pelajaran UN. Tapi di sisi lain orangtua juga panik bila moral anaknya turun gara-gara pengamalan agamanya kurang. Nah lho…lalu bagaimana….

Sedemikian pentingnya PA tetapi apakah ada standar yang jelas mengenai kemampuan siswa yang memenuhi standar lulus. Realita ini menggelitik para pejabat pusat yang mengampu mapel PA di Depag yakni Direktorat PAIS (Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah). Maka setelah melalui proses yang panjang dan koordinasi dengan Diknas dan BSNP tahun ini mulai dilaksanakan ujian standar nasional pelajaran PA melalui Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) Pendidikan Agama. Memang belum merata alias masih bersifat ujicoba yang melibatkan daerah yang cukup luas, diatas 150 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Hasil ujicoba tahun ini nantinya menjadi acuan agar tahun 2011 UASBN PA dapat bergulir dan melibatkan semua agama yang diakui pemerintah, tahun ini baru PA Islam yang siap.

Untuk kisi-kisinya silakan unduh di bawah ini, sudah lengkap SD,SMP dan SMA/SMK:

Kisi-kisi USBN_2010_rev

Semoga bermanfaat.

Wassalam

About rofiquez

Berkelana untuk mendapatkan hikmah
This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

2 Responses to UASBN Pendidikan Agama

  1. wahyu says:

    maksih smg bermanfaat bagi semua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s